5 Macam Buku Cerita Rakyat yang Menjadi Favorit Anak-Anak, Yuk Disimak

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai banyak warisan dari nenek moyang, salah satunya adalah cerita rakyat. Jika sebelumnya cerita rakyat hanya disampaikan secara lisan, sekarang cerita rakyat sudah dikemas dalam bentuk buku dan bisa dengan mudah kita dapatkan.

 

Arti Penting Buku Cerita Rakyat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan baik pada anak adalah dengan memberikannya buku cerita rakyat. Kita tahu bahwasanya Indonesia sangat kaya dengan cerita rakyat dan kesemua cerita rakyat tersebut mengajarkan nilai-nilai budi pekerti yang luhur. Sebut saja salah satunya si Malin Kundang.

Banyaknya pelajaran yang terkandung dalam cerita rakyat jelas merupakan sesuatu yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anak. Dalam hal ini, terkadang orang tua akan kesulitan dalam menyampaikan pesan luhur tersebut secara lisan sehingga banyak yang kemudian memilih untuk memberikan anak buku cerita rakyat saja.

Hal ini bukannya tanpa alasan melainkan memang kebanyakan buku cerita rakyat disusun dengan bahasa yang sederhana, menghibur dan mudah dimengerti oleh anak, sehingga anak pun bisa lebih mudah menyerap pesan moralnya.

Pun demikian, orang tua juga perlu melakukan pendampingan dan mendorong anak supaya memiliki sifat baik seperti sang tokoh atau harus menjauhi perbuatan buruk yang dilakukan oleh tokoh.

Supaya anak tidak memiliki kebiasaan untuk menurut begitu saja dengan apa yang diperintahkan, sebaiknya berikan alasan juga kenapa anak harus meniru perbuatan terpuji yang ditunjukkan oleh tokoh. Jangan lupa untuk memberikan alasan juga kenapa anak tidak boleh melakukan perbuatan buruk yang dilakukan oleh tokoh.

 

5 Macam Buku Cerita Rakyat yang Menjadi Favorit Anak-Anak

Setidaknya ada 5 macam buku cerita rakyat yang menjadi favorit anak-anak, antara lain:

1.Tentang Anak yang Durhaka kepada Orang Tuanya

Sudah ada banyak buku tentang kisah anak yang durhaka kepada orang tuanya di pasaran. Meski kisah ini tampak seperti kisah yang biasa bagi kita, tetapi anak-anak pastilah memiliki pemikiran yang berbeda, apalagi jika anak baru pertama kali mengenal kisah tersebut.

Buku cerita anak durhaka

2.Buku Cerita Rakyat Bergambar

Anak-anak biasanya menyukai buku yang ada gambarnya. Jadi, ketika kita sedang di toko buku dan ingin membelikan buku cerita rakyat untuk anak, kita bisa memilih buku yang disertai dengan gambar sekalipun hanya hitam putih saja.

3.Buku Cerita Rakyat Bergambar dengan Warna

Jika buku cerita rakyat bergambar hanya dengan hitam putih saja tidak cukup, kita bisa menggantinya dengan buku cerita rakyat yang juga bergambar namun sudah ada warnanya.

4.Buku Cerita Rakyat dengan 3D

Sekarang sudah ada buku cerita rakyat yang disajikan dengan teknologi 3D yang lebih eye catching bagi anak.

5.Buku Cerita Rakyat dari Luar Negeri

Untuk macam yang kelima ini biasanya akan berlaku bagi anak-anak yang lebih suka dengan cerita dari luar negeri. Hal ini masih terhitung wajar karena cerita luar negeri lebih terkenal, jalan ceritanya lebih menarik bahkan beberapa diantaranya sudah diangkat sebagai film kartun.

Nilai Moral yang Biasanya Ada dalam Cerita Rakyat

Biasanya cerita rakyat mengandung nilai moral, yang secara umum terbagi menjadi dua, yaitu nilai moral kepribadian dan nilai moral sosial. Nilai moral kepribadian adalah nilai moral yang terdiri atas kejujuran, sikap berani, kritis, kreatif, rendah hati serta tanggung jawab.

Kemudian untuk nilai moral sosial terdiri dari bekerjasama, hormat kepada orang lain, setiakawan, musyawarah dan disiplin. Makanya tidak berlebihan juga jika kemudian buku cerita rakyat juga bisa dijadikan media untuk memberikan pendidikan karakter.

Share us on